Sabtu, 13 Oktober 2012

RPP SLB/PK BERKARAKTER

BERIKUT KAMI SAMPAIKAN PEMETAAN, JARING TEMA, SILABUS 
DAN RPP BERKARAKTER


PEMETAAN  PEMBELAJARAN  TEMATIK
KELAS I  TUNARUNGU  SDLB NEGERI SAMBIROTO
SEMESTER  I  TAHUN  PELAJARAN  2012/2013


No

TEMA
Bahasa Indonesia

PKN

IPA

IPS

MTK

SBK

Waktu
Mendengar
berbicara
membaca
menulis

1

Diri sendiri

1.1

2.1


3.1


4.1

1.1
1.2

1.1
1.2
1.3

1.1


1.1
1.2

1.1


6
minggu

2
Keluarga
1.1
2.1
3.1
4.1
1.3
2.1
2.2
1.1
1.3
1.4

1.2


4
minggu
3
Lingkungan
1.2
2.2
3.2
4.2
2.1

2.2
2.3
1.2
2.1
2.2
2.3
2.4
2.1



4
Minggu


4.
Budi Pekerti
1.2
2.3
3.2
4.3
2.2
3.1
3.2
3.3
1.3
3.1
3.2
2.2

4
Minggu


Keterangan : 1 Semester  109  hari  =  18  minggu

 
SILABUS  TEMATIK
KELAS I  TUNARUNGU  SDLB NEGERI SAMBIROTO
SEMESTER  I  TAHUN  PELAJARAN  2012/2013

Tema              :  DIRI SENDIRI
Waktu            :  6 Minggu


No.

Mata Pelajaran

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator
Nilai Karakter


Kegiatan Pembelajaran
Materi pokok/
Pembelajaran
Penilaian
Wak
tu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen


1.
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1. Mengenal suara suara yang ada disekitar

1.2. Mengiden-tifikasi ada atau tidak ada suara dengan  atau tanpa ABD

1.Mengidentifikasi ada atau tidak ada suara
2. memanfaatkan sisa pendengarannya untuk meningkatkan kemampuan dengarnya
3. Menggunakan alat bantu dengar dengan benar
Tekun
1. Guru bertepuk tangan dibelakang siswa apabila siswa menoleh berarti mereka masih mempunyai sisa pendengaran
2.Guru membunyikan benda siswa diminta mendengarkan jika ia mendengar diminta mengangkat tangan
3. Guru mencoba memberikan alat bantu dengar kepada siswa jika mereka masih memiliki sisa pendengaran
Mengidentifikasi suara
Tes perbuatan
·   Tes perbuatan.
menjawab pertanyaan

Buku Bahasa Indonesia BSE
Berbicara
3. Menirukan kata dan kalimat sederhana

2.1. Melakukan percakapan tentang diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/ isyarat
1. mengucapkan namanya
2.mengucapkan nama orangtuanya
3. mengucapkan nama saudaranya
Jujur

4. Guru menanyakan nama siswa satu persatu
    Siswa menyebutkan namanya
5. Guru menanyakan alamat siswa
    Siswa menjawab pertanyaan guru
6. siswa diminta memperkenalkan diri di depan kelas
Perkenalan diri
Tes perbuatan
·   Tes perbuatan.
·   menjawab pertanyaan


Membaca


3.1 Membaca beberapa kata sederhana

1.menirukan kata yang diucapkan guru
2.membaca kata dengan bimbingan guru
3.Membaca teks pendek dengan bimbingan guru
Disiplin
7. Guru meminta siswa untuk membaca huruf
    Siswa menirukan ucapan guru
8. Guru meminta siswa untuk membaca suku kata
    Siswa menirukan ucapan guru
9. Guru meminta siswa untuk membaca huruf
    Siswa menirukan ucapan guru
Membaca huruf
Menirukan suku kata
Menirukan membaca kata
Tes perbuatan
·   Tes perbuatan.
·   menjawab pertanyaan


Menulis

4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf
1. Menebali huruf
2. Menyambung titik-titik menjadi huruf
3. Menyalin huruf pada bukunya
Tekun

10. Guru memberi contoh huruf  siswa diminta menulis di awang-awang dilakukan bereulang-ulang
11. Guru memberi contoh huruf  siswa diminta menebali tulisan huruf
12. Guru memberi contoh huruf  siswa diminta menyambung tulisan huruf
Menulis huruf
Tes perbuatan
·   Tes perbuatan.
·   menjawab pertanyaan



IPA
Makluk hidup dan proses kehidupan
1. 1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaanya, serta  cara perawatannya
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta perawatannya
1 Menyebutkan 3 bagian-bagian tubuh
2 Menyebutkan kegunaan bagian tubuh
3 menyebutkan cara perawatan dari bagian tubuh
Disiplin
Tekun
1. Guru menjunjukkan gambar anggota badan lalu memberitahukan nama masing-masing anggota badan (Kepala, badan, tangan, kaki)
    Siswa memperhatikan penjelasan guru

Bagian-bagian tubuh: kepala, badan, tangan, kaki
Kegunaan tangan untuk menulis, kaki untuk berjalan
Cara merawat badan dengan badan,
Tes Tulis

Tes perbuatan
·   Tes tulis dengan melengkapi
·   Tes perbuatan dengan menjawab pertanyaan guru, dengan melaksanakan tugas dari uru

Buku IPA BSE

1.2 Mengidentifikasi kebutuihan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan air, pakaian, udara, lingkungan sehat
1.3 Membiasakan hidup sehat
1. Menyebutkan  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan air, pakaian, udara, lingkungan sehat
2 memberi contoh  makanan yang menyehatkan
1. member contoh hidup sehat
2. Membiasakan hidup sehat
Saling meng
   hargai
2. Guru mengadakan tanya jawab tentang kegunaan dari anggota badan. Siswa menjawab pertanyaan. Guru menulis kegunaan anggota badan.
3. Guru menunjukkan gambar cara merawat dari bagian tubuh (mandi, keramas, memotong kuku, dll). Siswa memperhatikan penjelasan guru



·    



MAT
Bilangan
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10

1.1. Membilang banyak benda
1.2 Mengurutkan banyak benda

1. Membilang banyak benda sampai 10
2. Membilang lompat banyak benda
3. Mengurutkan banyak benda sampai 10
3. Menunjukkan jumlah benda 1-10
4. Menulis lambang bilangan
    1-10
Berani

1. Memperhatikan benda-benda yang siap dihitung.
2. Membilang banyak benda –benda pada tiap kelompok.
3. Menunjukkan kartu bilangan ( 1 – 10) yang tepat dengan banyak benda.
4. Setiap siswa melakukan pengelompokkan benda dan membilangnya, lalu menyimpan kartu bilangan yang tepat 

Membi
lang satu s/d 10

Urutan banyak benda dari yang terkecil ke yang besar
·      Urutan banyak benda dari yang terbesar ke yang terkecil
Tes tulis

Tes Perbuatan
·   Tes tertulis
o Pilihan ganda
·   Tes perbuatan.
menjawab pertanyaan

Buku Matemati
ka BSE

PKn

1. Standar hidup rukun di rumah



1.1 Melakukan hidup rukun        dengan orang tua
1. Memberi contoh hidup rukun dengan orang tua
2. Memberi contoh hidup rukun dengan kakak/adik
3. memberi contoh hidup rukun dengan teman bermain di rumah


Kerja keras
·     Guru memberikan penjelasan tentang perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa. Siswa memperhatikan penjelasan guru.
·     Guru memberi contoh yang Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
·     Siswa diminta Menunjukkan gambar sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah.

Menjelaskan Gambar anak laki-laki, gambar anak perempuan, macam-macam agama dan tempat ibadahnya
Tes Tulis

Tes perbuatan
·   Tes tulis dengan melengkapi
·   Tes perbuatan dengan menjawab pertanyaan guru, dengan melaksanakan tugas dari uru



IPS
1. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling  menghorma ti dalam keluarga

1.1 Mengungkapkan identitas diri, keluarga, dan kerabat
1. menyebutkan namanya
2. menyebutkan nama ibunya
3. menyebutkan nama ayahnya

Rasa ingin tahu
1. Guru meminta siswa untuk mengenalkan diri yaitu dengan menyebutkan namanya, nama bapaknya dan nama ibunya. Siswa melaksanakan tugas
2. guru menulis nama anak, nama orangtu anak. Siswa menulis namanya
Memperkenalkan diri
Tes Tulis

Tes perbuatan
·   Tes tulis dengan melengkapi
·   Tes perbuatan dengan menjawab pertanyaan guru, dengan melaksanakan tugas dari uru



Seni Budaya
     Mengenal unsur-unsur –unsur rupa pada bentuk alam ke dalam karya seni rupa tiga dimensi

Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar.

1. Menunjukkan macam macam warna
2. Memberi contoh warna benda yang ada di sekitar
3. memberi warna sesuai benda yang ada di alam
Tekun
1. Guru mengenalkan macam-macam warna dengan menunjukkan macam-macam warna. Siswa memperhatikan penjelasan guru
2. Guru mengadakan tanya jawab tentang warna benda yang ada di alam. Siswa menjawab pertanyaan guru
3. Guru memberikan gambar benda lalu siswa diminta mewarnai gambar yang sesuai dengan warna di alam
Macam-macam warna di alam
Mewarnai gambar
Tes yulis

Tes Perbuatan
·   Tes tertulis
o hasil gambar
·   Tes perbuatan.
keantusiasan

Buku Tek
nik menggambar






SILABUS  TEMATIK
KELAS I  TUNARUNGU  SDLB NEGERI SAMBIROTO
SEMESTER  I  TAHUN  PELAJARAN  2012/2013

Tema              :  KELUARGA
Waktu            :  4 Minggu


No.

Mapel

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator
Nilai Karakter


Kegiatan Pembelajaran
Materi pokok/
Pembelajaran
Penilaian
Wak
tu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen


1.
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1.Membedakan bunyi dan mendengarkan dongeng
1.1.Menanggapi suara-suara disekitar yang teridentifikasi dengan berbagai reaksi
1.Mengidentifikasi ada atau tidak ada suara
2. memanfaatkan sisa pendengarannya untuk meningkatkan kemampuan dengarnya

Tekun
1. Guru bertepuk tangan dibelakang siswa apabila siswa menoleh berarti mereka masih mempunyai sisa pendengaran
2.Guru membunyikan benda siswa diminta mendengarkan jika ia mendengar diminta mengangkat tangan
3. Guru mencoba memberikan alat bantu dengar kepada siswa jika mereka masih memiliki sisa pendengaran
Mengidentifikasi suara
Tes perbuatan
·   Tes perbuatan.
menjawab pertanyaan

Buku Bahasa Indonesia BSE
Berbicara
2. Memperkenalkan diri

2.2.Menyebutkan nama-nama keluarga
1. Menyebutkan nama Ibu
2. Menyebutkan nama ayah
3. Menyebutkan nama saudara
Berani

1. Guru meminta siswa untuk mengenalkan diri yaitu dengan menyebutkan namanya, nama bapaknya dan nama ibunya. Siswa melaksanakan tugas
2. guru menulis nama anak, nama orangtu anak. Siswa menulis namanya
Memperkenalkan diri
Tes Tulis

Tes perbuatan
·   Tes tulis dengan melengkapi
·   Tes perbuatan dg menjawab pertanyaan guru, dengan melaksanakan tgs dari guru


Membaca
3. Membaca permulaan

3.1 Membaca beberapa kata sederhana

1. Menirukan mengucapkan huruf konsonan
2. Membaca konsonan
3. membaca kata
Disiplin
7. Guru meminta siswa untuk membaca huruf
    Siswa menirukan ucapan guru
8. Guru meminta siswa untuk membaca suku kata
    Siswa menirukan ucapan guru
9. Guru meminta siswa untuk membaca kata
    Siswa menirukan ucapan guru
Membaca huruf
Menirukan suku kata
Menirukan membaca kata
Tes perbuatan
·   Tes perbuatan.
·   menjawab pertanyaan


Menulis
4.Memahami cara penulisan    permulaa
4.2 Mencontoh tulisan, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
1.Menyalin suku kata secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
2. Menyalin kata secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu
3.Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu
Tekun

10. Guru memberi contoh kata siswa diminta menulis di awang-awang dilakukan berulang-ulang
11. Guru memberi contoh huruf  siswa diminta menebali tulisan kata
12. Guru memberi contoh kalimat siswa diminta menyambung tulisan kalimat
Menulis huruf
Tes perbuatan
·   Tes perbuatan.
·   menjawab pertanyaan



IPA
2.Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.
2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
1. Memberi contoh cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
2.Memberi contoh akibat lingkungan yang tidak dijaga
3.Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
4. Menerapkan hidup sehat pada lingkungan yang sehat
Cinta
Tanah air
1. Guru memberikan gambar tentang lingkungan, siswa dimunta mengamati gambar lingkungan
2. Bertanya jawab tentang menjaga lingkungan
3. Bertanya jawab tentang dampak dari lingkungan yang tidak dijaga
4. Bertanya jawab tentang perbedaan lingkungan yang sehat dan yang kotor
5. Melaksanakan kegiatan lingkungan bersih dengan memunguti sampah di sekitar kelas
Lingkungan sehat: lingkungan yang bersih tertata rapi
Lingkungan kotor: lingkungan kumuh, kotor, semrawut
Dampak lingkungan mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan penghuninya
Tes tulis
Dan tes perbuatan
·   Tes tulis mengisi titik-titik
Tes perbuatan dengan menjaga lingkungan tetap terjaga baik

Buku IPA BSE

MAT
Bilangan
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10

1.3. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10

1. Melakukan penjumlahan dengan hasil sampai 10
2. melakukan pengurangan dg bilangan yang dikurangi sampai 10


Rasa ingin tahu


Kreatif


Kerja keras


1.Guru dan siswa bersama-sama membilang sampai 10
2. Sisawa diminta menulis lambang bilangan 1 sampai 10
3. Guru membimbing siswa menjumlahkan dua bilangan dengan hasil sampai 10
4.Mengurangkan dua bilangan dengan jumlah bil yang dikurangi sampai 10Mebilang banyak benda sampai 10

Membilang banyak benda samp 10
Penjumlahan dengan hasil sampai 10
Mencari hasil pengurangan dua bilangan
Tes tulis

Tes Perbuatan
·    Tes tertulis
o isian
·   Tes perbuatan
Menjawa pertanyan

Buku matematika
BSE


1.4. Menyele-saikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 10
Ulet
5. Menerangkan cara menyelesaikan soal cerit tentang penjumlahan
 6. Menerangkan cara menyelesaikan soal cerit tentang pengurangan



·    



PKn
1. Hidup rukun

1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
1.Menerapkan hidup rukun di rumah
2.Menerapkan hidup rukun di sekolah
Bersedia duduk sebangku dengan teman sekelas yang mana saja
1.Memberi contoh hidup rukun di sekolah
 Hidup rukun



Menghargai perbedaan


·   Melalui tanya jawab sederhana siswa menyampaikan pengalaman yang berhubungan dengam hidup rukun
Menjelaskan cara menjaga kerukunan warga kelas
Hidup rukun

Tes tulis

Tes Perbuatan
·   Tes tertulis
o B-S
·   Tes perbuatan
menjawab pertanyaan

Buku PKn
BSE

IPS
1. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling  menghorma ti dalam keluarga

1.1 Mengungkapkan identitas diri, keluarga, dan kerabat
1. menyebutkan namanya
2. menyebutkan nama ibunya
3. menyebutkan nama ayahnya
4. Menyebutkan nam saudaranya
5. Menyebutkan alamatnya

Berani
1. Guru meminta siswa untuk mengenalkan diri yaitu dengan menyebutkan namanya, nama bapaknya dan nama ibunya. Siswa melaksanakan tugas
2. guru menulis nama anak, nama orangtu anak. Siswa menulis namanya
3. Guru meminta anak untuk menyebutkan nama saudaranya
4. Guru meminta anak menyebutkan almatnya
5. siswa melaksanakan perintah guru
Memperkenalkan diri
Tes Tulis

Tes perbuatan
·   Tes tulis dengan melengkapi
·   Tes perbuatan dengan menjawab pertanyaan guru, dengan melaksanakan tugas dari  guru

Buku IPS BSE

Seni Budaya
1. Mengenal unsur-unsur rupa pada bentuk-bentuk alam ke dalam karya seni rupa dua dimensi

1.2 Membuat karya dua dimensi yang mengandung unsur rupa dari berbagai bahan di lingkungan sekitar
1. menggunakan berbagai pewarna dalam membuat karya dua dimensi (crayon, pensil warna)
2. Menggunakan alat untuk membuat karya dua dimensi (sikat untuk menghasilkan pewarnaan, pelepah pisang untuk mencetak)

Rasa ingin tahu


Kreatif


1.Mengelompokkan berbagai jenis benda berdasarkan  warna
2. Mengelompokkan berbagai jenis benda berdasarkan  bentuk pada benda 

Berbagai macam benda disekitar
Tes tulis

Tes Perbuatan
·          Tes tertulis
o    hasil gambar
·          Tes perbuatan.
keantusiasan

Buku Tek
nik menggam
bar









SILABUS  TEMATIK
KELAS I  TUNARUNGU SDLB NEGERI SAMBIROTO
SEMESTER  I  TAHUN  PELAJARAN  2012/2013

Tema              :  lingkungan
Waktu            :  4 Minggu


No.

Mapel

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator
Nilai Karakter


Kegiatan Pembelajaran
Materi pokok/
Pembelajaran
Penilaian
Alo kasi
Waktu
Sum
ber Bel
ajar
Teknik
Bentuk Instrumen

1.
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1. Mengenal suara suara yang ada disekitar

1.2 Mengidentifikasi ada atau tidak ada suara dengan atau tanpa ABD
1. Menyadari adanya suara disekitar
2. Mengenal alat bantu dengar
3. Menggunakan alat bantu dengar
Tekun
disiplin
1. guru membunyikan benda anak diminta mendeteksi suara dari benda yang dibunyikaguru
2. Guru mengenalkan alat bantu kepada siswa. Siswa memperhatikan
3.Guru mencoba memakaikan ABD pada siswa yang masih memeliki sisa pendengaran
4. Siswa diminta memakai sendiri ABD dengan bimbingan guru
Suara di sekitar
Alat bantu dengar
Tes perbuatan
·   Tes perbuatan.
Memakai ABD

Buku Bahasa Indonesia BSE
Berbicara
1. Mengenal suara suara yang ada disekitar

2.2. Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/ isyarat
1. Memberi contoh kalimat sapaan
2. Mengucapkan kata salam
3. menerapkan salam pada saat dimulainya pelajaran
4. menerapkan salam pada saat pulang sekolah
Sopan santun
4. Guru memberi contoh kalimat sapaan
    Siswa diminta untuk mengucapkan kalimat sapaan
5. Guru mengucapkan salam dan meminta siswa untuk mengucapkannya
6. Guru membiasakan siswa mengucapkan salam saat awal pelajaran dan pada akhir pelajaran
Kalimat sapaan
salam assalamu alaikum wr wabarakatu
Tes perbuatan
·   Tes perbuatan.
Mengucapkan salam


Membaca
3. Menirukan kata dan kalimat sederhana

Membaca
3.2 Membaca kalimat sederhana
1.menirukan kata yang diucapkan guru
2.membaca kata dengan bimbingan guru
3.Membaca teks pendek dengan bimbingan guru

Kerja keras
Tekun

7. Guru meminta siswa untuk membaca kata
    Siswa menirukan ucapan guru
8. Guru meminta siswa untuk membaca kalimat dg bimbingan guru
    Siswa menirukan ucapan guru
9. Guru meminta siswa untuk membaca tanpa bantuan guru
    Siswa menirukan membaca
Membaca kalimat:
Beli Buku
Saya makan
Adik minum

Tes Perbuatan
Tes perbuatan.
keantusiasan


Menulis
4. Mencontoh tulisan
4.2 Mencontoh tulisan, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
1. Mencontoh tulisan, kata sederhana dari papan tulis dengan benar
Tekun

10. Guru memberi contoh kata dipapan tulis. Siswa diminta menulis di bukunya
11. Guru memberi contoh tulisan kalimat siswa diminta menulis tulisan kalimat di bukunya
12. Guru memberi contoh tulisan tegak bersambung. Siswa memperhatikannya
Menulis kata:
Meja kayu
Tas biru
Pita merah
Kalimat:
Saya naik sepeda
Saya naik bus

Tes Perbuatan
Tes perbuatan.
keantusiasan



IPA
2.Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
2.3 menceritera kan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar
1. Memberi contoh cara merawat tanaman
3. memberi contoh hewan peliharaan
3. Memberi contoh cara merawat hewan peliharaan
4. Menerapkan memelihara lingkungan sekitar
Cinta tanah air
1. Guru memberikan gambar tentang tanaman, hewan peliharaan, siswa dimunta mengamati gambar l
2. Bertanya jawab tentang memelihara tanaman dan hewan peliharaan
3. Bertanya jawab tentang dampak lingkungan yang sehat dan yang kotor
5. Melaksanakan kegiatan lingkungan bersih dengan memunguti sampah di sekitar kelas
Contoh tanaman: bunga, pohon mangga, pohon kelengkeng. Cara memelihara tanaman disiram, dipupuk, dipangkas
Hewan peliharaan: burung cara memeliharanya diberi makan, minum, dibersihkan kandangnya
Tes tulis
Dan tes perbuatan
·   Tes tulis mengisi titik-titik
Tes perbuatan dengan menjaga lingkungan tetap terjaga baik

Buku IPA BSE

MAT
3. Geometri dan Pengukuran
2.Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.


2.1.Menentukan Waktu (pagi, siang, malam) hari dan jam (secara bulat)
2.2.Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
2.3.Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
2.4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang

.
1. Menentukan Waktu (pagi, siang, malam)
2. menulis jam (secara bulat)
3. menulis nama hari
4.Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
5.Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang

Tekun
Berani

1. guru bertanya jawab tentang waktu yaitu tanda waktu pagi matahari di timur, siang hari matahari diatas, malam hari matahari tidak ada
2. guru menggambar jam yang menunjukkan pagi, siang dan malam
    Siswa diminta menulis pada buku tulisnya
3. Guru mengadakan tanya jawab tentang nama-nama hari
   Siswa menulis nama-nama hari
4. guru memberi contoh kejadian yang berlangsung lama. Guru memberi contoh kejadian yang berlangsung cepat. Siswa memperhatikan
5. Guru menunjukkan beberapa benda ada yang panjangnya tidak sama. Lalu mengambil dua benda. Siswa diminta untuk mencari benda yang pendek. Dan sebaliknya
6. Guru memberi contoh cara menyelesaikan soal cerita tentang waktu dan panjang, guru memberi soal dan meminta siswa menyelesaikannya.


·    



PKn
2. Membiasakan tertip di rumah dan di sekolah

   2.1 Menjelaskan pentingnya tertib di rumah dan di sekolah
1.memberi contoh tata tertib di sekolah
2.memberi contoh tata tertib di rumah
Disiplin
1. Guru memberi contoh tata tertib di rumah siswa memperhatikan penjelasan guru.
2. Siswa dapat mematuhi tata tertib yang ada di rumah
3. Guru memberi contoh tata tertib di sekolah.siswa memperhatikan penjelasan guru.
4. Siswa dapat mematuhi tata tertib yang ada di sekolah
Contoh tata tertib di rumah. Setiap pergi pamit pada orangtua
Contoh tata tertib di sekolah. Setiap senin upacara bendera, memakai seragam merah putih
Tes tulis
Dan tes perbuatan
·   Tes tulis mengisi titik-titik
Tes perbuatan dengan mentaati peraturan di sekolah

Buku PKn BSE

IPS
1. Memahami identitas diri

1.2 Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
1.memberi contoh kasih sayang antar anggota keluarga
2.Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
Kasih sayang
1. Guru bertanya jawab tentang kasih sayang dikeluarga siswa memperhatikan dan menjawab pertanyaan
2. Siswa diminta menceriterakan kasih sayang pada keluarganya
    Guru membimbing siswa
Contoh kasih sayang. Ibu mengasihi putranya dengan memberi ASI
Kakak meminjamkan mainan pada adiknya
Tes tulis
Dan tes perbuatan
·   Tes tulis mengisi titik-titik
Tes perbuatan dengan bercerita

Buku IPS BSE

Seni Budaya
1 SENI TARI
2. Mengenal unsur-unsur gerak tari melalui pengalaman kepekaan inderawi ke dalam karya tari

2.1.Menunjukkan fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat

1. melakukan gerak dasar kaki ke depan sesuai dengan hitungan
2. melakuakan gerak dasar kaki ke belakang sesuai dengan hitungan
3. Menggabungkan gerak dasar kaki dan gerak dasar tangan

Rasa ingin tahu


Kreatif


1.Mengelompokkan berbagai jenis benda berdasarkan  warna
2. Melakukan gerakan dasar kaki
3. menggabungkan gerakan tangan dan gerak kaki 

gerak dasar kaki ke depan
gerak dasar kaki ke belakang
menggabungkan keduanya


Tes Perbuatan
·          Tes perbuatan
Keantusiasan hasil gerakan
keluwesan

Buku Teknik menari










SILABUS  TEMATIK
KELAS I  TUNARUNGU SDLB NEGERI SAMBIROTO
SEMESTER  I  TAHUN  PELAJARAN  2012/2013

Tema              :  Budi Pekerti
Waktu            :  4 Minggu


No.

Mapel

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator
Nilai Karakter


Kegiatan Pembelajaran
Materi pokok/
Pembelajaran
Penilaian
Alo kasi
Waktu
Sunber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen


1.
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
2. Mengenal suara suara yang ada disekitar

1.2 Mengidentifikasi adaatau tidak ada suara dengan atau tanpa ABD
1. Menyadari adanya suara disekitar
2. Mengenal alat bantu dengar
3. Menggunakan alat bantu dengar
Tekun
disiplin
1. guru membunyikan benda anak diminta mendeteksi suara dari benda yang dibunyikaguru
2. Guru mengenalkan alat bantu kepada siswa. Siswa memperhatikan
3.Guru mencoba memakaikan ABD pada siswa yang masih memeliki sisa pendengaran
4. Siswa diminta memakai sendiri ABD dengan bimbingan guru
Suara di sekitar
Alat bantu dengar
Tes perbuatan
·   Tes perbuatan.
Memakai ABD

Buku Bahasa Indone
sia BSE
Berbicara
2. Mengenal suara suara yang ada disekitar

2.3 Melakukan percakapan tentang nama dan fungsi anggota tubuh serta benda-benda disekitar dengan kalimat sederhana dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/ isyarat
1. menyebutkan nama anggota tubuh
2. menyebutkan fungsi anggota tubuh
3. menyebutkan nama benda di sekitar
4. menyebutkan fungsi benda di sekitar

1. Guru menunjukkan gambar tentang anggota tubuh. Siswa memperhatikan
2. Guru bertanyajawab nama anggota tubuh, siswa menjawab pertanyaan
3 Guru bertanyajawab tentang fungsi anggota tubuh
4. Guru membimbing siswa melakukan percakapan tentanng anggota tubuh
5. guru bertanya jawab tentang nama benda di sekitar
6.Guru bertanyajawab tentang fungsi benda yang ada di sekitar
7. Guru membimbing siswa melakukan percakapan tentang benda sekitar





Membaca
3. Menirukan kata dan kalimat sederhana

Membaca
3.2 Membaca kalimat sederhana
1.menirukan kata yang diucapkan guru
2.membaca kata dengan bimbingan guru
3.Membaca teks pendek dengan bimbingan guru

Kerja keras
Tekun

7. Guru meminta siswa untuk membaca kata
    Siswa menirukan ucapan guru
8. Guru meminta siswa untuk membaca kalimat dg bimbingan guru
    Siswa menirukan ucapan guru
9. Guru meminta siswa untuk membaca tanpa bantuan guru
    Siswa membaca kalimat
Membaca kalimat:
Beli Buku
Saya makan
Adik minum

Tes Perbuatan
Tes perbuatan.
keantusiasan


Menulis
4. Mencontoh tulisan
4.3 Menyalin bacaan hasil percakapan
1. Mencontoh tulisan, kata sederhana dari papan tulis dengan benar
Tekun

10. Guru memberi contoh kata dipapan tulis. Siswa diminta menulis di bukunya
11. Guru memberi contoh tulisan kalimat siswa diminta menulis tulisan kalimat di bukunya
12. Guru memberi contoh tulisan tegak bersambung. Siswa memperhatikannya
Menulis kata:
Mata, kepala. Tangan, badan kaki
Kalimat: saya menulis
Saya berjalan kaki

Tes Perbuatan
Tes perbuatan.
keantusiasan


2.
IPA
Benda dan sifatnya
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
3.1. mengidentifi kasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan

1. Menyebutkan nama benda di sekitar
2. Menyebutkan ciri-ciri benda di sekitar

Disiplin
1.Guru mengadakan tanya jawab tentang benda di sekitar
2. Guru mengadakan tanyajawab tentang ciri-ciri benda disekitar
3. Siswa mencari benda di sekitar berdasarkan cirinya

Tes tulis
Dan tes perbuatan
·   Tes tulis mengisi titik-titik
Tes perbuatan dengan bercerita



3.2.Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
1.Memberi contoh benda yang dapat diubah bentuknya
2. memberi contoh benda yang tidak dapat diubah bentuknya

4.Guru mengadakan tanya jawab tentang benda yang dapat diubah bentuknya
5. Guru mengadakan tanyajawab tentang benda yang tidak dapat diubah bentuk
6. Siswa mengidentifikasi benda yang tidak dapat diubah bentuknya


·    


3.
MAT
3. Mengenal beberapa bangun ruang


3.1 Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok), prisma, tabung, bola dan kerucut
3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya.
1. menyebutkan nama macam-macam bangu ruang
2.Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok), prisma, tabung, bola dan kerucut
3. Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya.
Kerja keras
Tekun
1. Guru menunjukkan gambar macam-macam bangun ruang dan menyebutkan namanya. Siswa memperhatikan gambar
2. guru menggambar sebuah bangun ruang dipapan tulis. Siswa diminta menuliskan namanya
3. Guru mengeluarkan macam-macam bangun ruang siswa diminta diminta mengelompokkan menurut jenisnya.( balok dg balok; kerucut dg kerucut dll)
4. Guru mengeluarkan macam-macam bangun ruang yang sejenis. siswa diminta diminta mengurutkan menurut besarnya
Bangun ruang

Balok


Prisma


Tabung


Bola


kerucut
Tes tulis
Dan tes perbuatan
·   Tes tulis mengisi titik-titik
Tes perbuatan dengan bercerita


4.
PKn
2. Membiasakan tertip di rumah dan di sekolah

2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
1.Melaksanakan tata tertib di sekolah
2.Melaksanakan tata tertib di rumah
Disiplin
1. Guru bertanyajawab tentang  tata tertib di sekolah siswa memperhatikan
2. Guru memberi contoh tata tertib di sekolah.siswa memperhatikan penjelasan guru.
3. Siswa dapat mematuhi tata tertib yang ada di sekolah
4.Siswa dapat mematuhi tata tertib yang ada di rumah
Contoh tata tertib di rumah. Setiap pergi pamit pada orangtua
Contoh tata tertib di sekolah. Setiap senin upacara bendera, memakai seragam merah putih
Tes tulis
Dan tes perbuatan
·   Tes tulis mengisi titik-titik
Tes perbuatan dengan mentaati peraturan di sekolah

Buku PKn BSE
5.
IPS
1. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling  menghormati dalam keluarga

1.3 Memberi contoh hidup rukun dalam keluarga
1.Memberi contoh hidup rukun dalam keluarga
2. melaksanakan rukun dalam keluarga

kerukunan
1.Guru menunjukkan contoh gambar hidup rukun dalam keluarga, Siswa memperhatikan
2.Guru memberi contoh hidup rukun di keluarga contohnya kakak bermin bersama dengan adik
3.Guru meminta siswa utuk selalu hidup rukun dengan semua anggota keluarga
Hidup rukun di keluarga
Antar keluarga saling menyayangi, tidak boleh bertengkar
Tes tulis
Dan tes perbuatan
·   Tes tulis mengisi titik-titik
Tes perbuatan dengan memantau di sekolah

Buku PKn BSE
6.
Seni Budaya
1 SENI TARI
2. Mengenal unsur-unsur gerak tari melalui pengalaman kepekaan inderawi ke dalam karya tari

2.1.Menunjukkan fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat

1. melakukan gerak dasar kaki ke depan sesuai dengan hitungan
2. melakuakan gerak dasar kaki ke belakang sesuai dengan hitungan
3. Menggabungkan gerak dasar kaki dan gerak dasar tangan

Rasa ingin tahu


Kreatif


1.Mengelompokkan berbagai jenis benda berdasarkan  warna
2. Melakukan gerakan dasar kaki
3. menggabungkan gerakan tangan dan gerak kaki 

gerak dasar kaki ke depan
gerak dasar kaki ke belakang
menggabungkan keduanya


Tes Perbuatan
·          Tes perbuatan
Keantusiasan hasil gerakan
keluwesan

Buku Teknik men

Ini sedikit persembahan dari kami SUKRIYANTO, M.Pd
 Cah Ngawi

Untuk RPP nya bisa bapak/ibu kembangkan dari silabus yang sudah 1 semester tersebut, ayo terus berkarya demi kemajuan ABK. Guru PK juga BISAAAAAAA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar